Evaluasi Kualitas dan Penerimaan Konsumen Terhadap Nugget Pisang dengan Varian Rasa Yang Berbeda
DOI:
https://doi.org/10.69657/jd5rpd23Keywords:
Evaluasi kualitas, penerimaan konsumenAbstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi persepsi konsumen terhadap produk Nugget Pisang dengan berbagai macam rasa. Nugget pisang merupakan produk inovatif yang memadukan tekstur renyah di bagian luar dengan rasa pisang yang lembut di bagian dalam. Penelitian ini menggunakan metode uji organoleptik untuk mengukur warna, aroma, tekstur, dan rasa keseluruhan dari beberapa varietas nugget pisang, termasuk cokelat, tiramisu, dan matcha. Temuan penelitian menunjukkan bahwa jenis tiramisu adalah jenis yang paling umum dengan nilai yang relatif tinggi dan dipengaruhi oleh varietas matcha dan coklat. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen antara lain intensitas aroma, perbedaan antara rasa asam dan asin, dan aroma yang dihasilkan.
References
Aida, N., Wunta, K., Anton, T., Tridawati, Y., Hikrawati, & Hajeni. (2023). Pengolahan Buah Pisang Menjadi Nugget Pisang Oatmeal yang Bernial Jual. Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.58227/intisari.v1i1.37
Azzahra Kentju, B., Harianti, R. A., Rizkiya Hasbi, A., Ekonomi Pembangunan, P., Ekonomi Dan Bisnis, F., Korespondensi, P., & Jurusan Ekonomi Pembangunan FEB universitas Muhammadiyah Palopo, S. (2023). Inovasi Pisang Menjadi Cimol yang Disukai Konsumen Banana Innovation Becomes Cimol that Consumers Love. 5(2), 85–92. https://doi.org/10.35799/vivabio.v5i2.48692
Badi’ah, R., Odelia, E. M., & Syauqi, A. (2022). Proses Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produk Chicken Nugget. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 47–58. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.1984
Duriwetan, I. N., Maduran, V., & Lamongan, D. (2022). merek “horizon” ,. 3(November), 326–342.
Gunawan, G. E. (2022). Kualitas nugget berbahan dasar jantung pisang. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(8), 1955–1964. https://doi.org/10.22334/paris.v1i8.133
Haris, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Digital dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian Makanan. Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 05(1), 2261–2274.
Hermawan, Y., & Yusup, U. D. (2021). Peningkatan Kompetensi Warga Belajar PKBM Ad-Da’wah Melalui Pelatihan Pengolahan Potensi Lokal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.15294/jnece.v5i2.52093
Isnawati, I., Asri, M. T., Lisdiana, L., & Muhaimin, F. I. (2023). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Nuggipro Pada Masyarakat Nelayan Gisik Cemandi Sidoarjo Jatim. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 199–208. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.20075
Kaca, I. N., Suariani, L., Suwitari, N. K. E., & Sanjaya, I. G. A. M. P. (2019). Budidaya Rumput Odot di Desa Sulangai Kecamatan Petang Kabupaten Badung-Bali. Community Services Journal (CSJ), 2(1), 29–33.
Mansir, F., & Madjid, M. N. (2023). Strategi pemasaran produk pada UMKM berbasis digital marketing. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 126–136. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19903
Muslimin, H., Semmaila, B., & Arfah, A. (2022). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Pisang Goreng Nugger di Kota Makassar Hamzah. Journal of Management, 5(1), 170–176. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.456
Mustika, A., Ali, A., & Ayu, D. (2018). Evaluasi Mutu Sosis Analog Jantung Pisang dan Tempe. Sagu, 17(1), 1–9.
Nasori, N., Puspitasari, N., Saifuddin, S., Gunawan, S., & Rubiyanto, A. (2023). Proses Sertifikasi Halal Self Declare di Sentra Wisata Kuliner Convention Hall Surabaya dan UMKM di Wilayah Benowo Surabaya: Studi Perbandingan. Sewagati, 8(1), 1156–1163. https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i1.803
Selvira, R. (2022). Analisis Usaha Agroindustri Pisang Goreng Kipas Wak Saril Di Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. https://repository.uir.ac.id/12568/%0Ahttps://repository.uir.ac.id/12568/1/174210091.pdf
Sugiarto Alamsyah, M. (2022). Analisis Budaya Organisasi Pada Bonbon Factory Group. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1225–1234. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.145